Jumat, 17 Januari 2014

Aku Dan Athif

Berikut ini adalah kumpulan celoteh Athif yang pernah kutuliskan di Facebook. Ingin kurangkaikan saja di sini agar dapat dibaca-baca kembali….

Gunung Meletus

Dihujani pertanyaan bertubi-tubi dari athif seputar letusan kelud.

Diantaranya, "mi, kenapa kok gunungnya gak dikasih tutup aja biar gak muntah-muntah ?"
"Gunungnya kok gak muntuh lagi, udah dikasih obat sama Allah?"
Dan banyak lagi kayak  diinvestigasi KPK… sampe bingung jawabnya :)

Beres-beres

Pada suatu hari
Ummi : dhe..ayo bantu ummi beres-beres rumah, nanti dapat pahala lho..!
Athif : ya mii..biar dapet pahala ya..
Hari ini,
Athif : yuk mi, bantuin beresin mainanku. nanti Ummi dapet pahala lho..!
Ummi : Ya deh..( meskipun sdg meriang..)
Semoga Allah Ridho ya nak !


********

Sudah Sembuh

Ketika Athif di tanya tentang lukanya yang telah mengering oleh tetangga, jawabannya " gak papa, sudah disembuhin sama Allah" sebuah jawaban polos dari seorang balita yang berasal dari pemahamnnya terhadap apa yang dia lihat, dia perhatikan dan hal yang menjadi kebiasaannya.
******
Ada Allah SWT

Sore tadi sesudah mandi dan berpakaian rapi Athif ternyata ikut kakaknya nyuci sepeda dan walhasil bajunya basah lagi. Kemudian dia segera berlari menemuiku untuk minta ganti baju lagi. Sambil kuganti baju dan celananya Athif kuberi ultimatum untuk tidak main air lagi dengan alasan baju bersihnya bisa habis nantinya.
Tapi namanya juga anak-anak, Athif bergabung lagi dengan kakaknya yang masih asyik dengan air. Kemudian dia masuk kembali dan mencoba menenangkanku ketika kulihat celananya sedikit basah seraya berujar, " Gak papa ya mi, basah sedikit. nanti kan dikeringkan sama Allah ..."
Rupanya di benaknya sudah tertanam bahwa Allah adalah solusi segala permasalahannya. Dan untuk kali ini kuiyakan saja, karena memang begitulah adanya.... don't worry, innallaha ma anaa...(sesungguhnya Allah bersama Kita)
****** 
Allah Maha Pencipta

Athif sudah paham bhw Allah adalah Maha Pencipta. Maka pertanyaan yg biasa dia lontarkan yaitu, "kenapa kok Allah bikin malam, knp kok Allah bikin lidah,dll"
sampai suatu hari Ketika dia tengah asyik menonton pororo dia jg bertanya padaku, "kenapa kok Allah bikin iklan, mi?"
he he..
********
Menyesal Sudah Mengganggu


sepulang kami dr pengajian, athif tdk mendapati abinya dirmh, kemudian dia sgr menelpon abinya, dr hp yg di mode speaker terdengar suara abinya yg sdg mengajar qur'an ibu2 di perumahan kami yg salah satu muridnya adalah ibu saya. Dia br ingat kalo siang tadi abinya ada jadwal mengajar ibu2 termasuk yang tinya.
Kira2 30 mnt kemudian abi dan yangti pulang. Athif segera menyambut yang tie dg senyum dan berkata,"yang tie, aku tadi salah ya telpon abi. aku minta Maaf ya yang tie"
Oh, rupanya dia menyesal telah menelpon abinya disaat tengah berlangsung aktivitas belajar mengajar, sbb Athif paham bhw dlm forum pengajian tdk boleh diganggu...alhamdulillah semakin bertambah pemahamannya. Laa haula wa laa quwwata illa billah..

*******

Bosen Iklan

Doa athif sore ini (sambil mengangkat tangan dg khusyuknya) :

"Ya Allah, aku bosen nonton iklan sosis s****  terus, tolong dihapus aja ya Allah. Aku mau nonton Pororo. Aamiin" 
*******
Doa Athif sore ini

Athif :
"Ya Allah aku mau naek pesawat biar bisa ke rumah dhe Fikri di Australi"
Ummi :
"Lho dhe Fikri kan sekarang dah di jakarta"
Athif :
"Ya Allah ke jakarta aja, tapi naik pesawat, sama tangganya ya Allah"
Ummi :
"Kok minta tangga dhe?"
Athif:
"Iya biar bisa turun, kabulkan ya Allah, sama dikasih pahala ya Allah. Aamiin"
*******

Ngaji Yuk Ngaji !

Pagi tadi aku dan athif jalan-jalan pagi mengelilingi kompleks perumahan di tempat kami tinggal. Sengaja kami jalan-jalan agak siang sekitar pukul 7.
Sepanjang jalan kami berpapasan dengan tetangga yang akan mengantarkan putra-putrinya bersekolah.
Rupanya athif yang belum sekolah, begitu memperhatikan aktivitas tsb.

Hingga saya dihujani dengan berbagai pertanyaan, "Mi, itu kenapa kok temen Athif sekolah ?" Belum sempat kujawab, dia kembali bertanya lagi,
"Kok, kalau sekolah jadi hebat kenapa mi ?" Dan belum juga kujawab ia sudah memberikan kesimpulannya sendiri, "oh supaya pinter ngaji ya mi ? Memangnya kenapa kalo pinter ngaji kok jadi hebat ?"
Barulah setelah athif terdiam, ku jawab dg penjelasan yang menurutku bisa dipahaminya "Iya, kalo pinter ngaji kan kita jadi tau, mana yang Allah suka dan mana yang Allah gak suka dhe. Jadi nanti bisa dapat pahala dan surga"
"Trus aku kok gak dibeliin seragam, ayo beli seragam sekarang" wah, ternyata Athif jadi tambah termotivasi untuk sekolah.

Dari dialog singkat ini, setidaknya bisa kuambil kesimpulan bahwa di mata Athif sekolah itu adalah mengaji dan mengaji itu bisa bikin hebat.
Dan saya pun setuju, mengaji itu bisa menjadikan kita hebat di sisi Allah....

Sebab Rasul SAW bersabda :
"Barangsiapa meniti satu jalan untuk mencari ilmu, niscaya dengan hal itu Allah jalankan dia di atas jalan di antara jalan-jalan surga. Dan sesungguhnya para malaikat membentangkan sayap-sayap mereka karena ridha terhadap thalibul ilmi (pencari ilmu agama). Dan sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampun oleh siapa saja yang ada di langit dan di bumi, dan oleh ikan-ikan di dalam air. Dan sesungguhnya keutamaan seorang alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan purnama daripada seluruh bintang-bintang. Dan sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. Para Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya maka dia telah mengambil bagian yang banyak." (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Subhanallah…
Yuk kita ngaji !!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar