Rabu, 21 September 2016

Kuliah Sambil Nikah

Kayaknya lagi ngehits ya dibahas…
Padahal itu suamiku
banget, waktu itu abinya anak-anak masih semester 4, menjalani proses pasca nikahnya sih asyik-asyik aja…
Secara saya seneng banget suka diajak maen ke kampusnya n dibonceng-boncengin kemana-mana dengan label halalan thoyiban…sah…sah…!!


Tantangannya justru banyak pas pre weddingnya…proses ta'aruf meyakinkan keluarga itu yang butuh sabar ekstra…
Gimana gak, jaman saya kalo nikah masih kuliah, pasti kecurigaan keluarga macam-macam…jangan-jangan MBA…
Apalagi saya waktu itu lagi seneng-senengnya dapet ilmu tentang kewajiban seorang muslimah yang harus menutup auratnya di kehidupan umum (hayatul 'aam) dengan kerudung/khimar dan juga jilbab/gamis…
So, penampakan saya jadi langsung berubah drastis dari yang tadinya pake baju mepet2 kayak kurang bahan trus tiba-tiba pake jilbab/gamis longgar-longgar yang bisa muat 2 orang kata tetangga saya tukang jahit…heheh…
Mereka yang gak ngerti proses metamarfosa nya lalu mulai menghubung-hubungkan soalan baju yang seakan "menyembunyikan sesuatu" ini dengan rencana pernikahan saya…

Meski demikian, akhirnya…bi idznillah akad nikahnya berjalan lancar dimudahkan Allah…

Tapi pemirsah…ternyatah tantangan tidak berhenti sampai di situ saja.
Satu bulan setelah kami nikah, alhamdulillah langsung hamil sayanya…mulai lagi deh tuh muncul bisik-bisik tetangga, seolah semakin memberi titik terang atas kecurigaan mereka…
Termasuk mbok sayur langganan saya yang penasaran, pasca saya melahirkan… habis ngitung belanjaan, trus dia juga menyempatkan ngitung2 bulan saya nikah sampe lahiran…sambil malu-malu dia bilang, "oh, iya ya mbak novi pas 9 bulan"
Untungnya bayi saya gak prematur… kalo iya, gimana nasib saya coba…😟

Intinya, menurut saya nikah sambil kuliah itu suka dan suka, gak ada dukanya…
Kalaupun ada repot sebelum dan sesudahnya itu adalah tantangannya…yang sudah pasti akan dilalui bersama…(kan udah gak sendiri lagi…😁)

Yang pasti juga selalu inget n yakin dengan sabda Rasulullah aja, bahwa ada 3 orang yang wajib Allah tolong dan salah satunya adalah seorang yang menikah dengan niat menjaga diri dari kemaksiatan…(HR.Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah)

So, jangan takut nikah sambil kuliah jika memang niat kita menjaga diri dari kemaksiatan…
Persiapkan mental, tanggung jawab dan ilmu dengan selalu bertawakal pada Allah…
then you'll see so many miracles come…

Oh ya, tambahan wejangan dari senior saya yang udah duluan ngrasain nikah sambil kuliah…resepnya cuma 1 kok, Qona'ah ajah…gitu pokoknya…

Catatan:
- status saya waktu itu sbenarnya juga mahasiswi yang belum kelar skripsi, tapi karena suatu alasan ideologis saya lebih memprioritaskan ijabsah daripada ijazah…😉

dukung gerakan…
#indonesiatanpapacaran
#nikahsambilkuliah
#syariahtheonlysolution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar