Senin, 08 Desember 2014

Mau Cantik tapi Maju Mundur ??


  Kali ini saya mau membahas tentang kosmetik yang bikin kita merasa aman dan tentram untuk di pakai and gak bikin maju mundur buat cantik he he.. 
Karena seorang muslimah dalam menggunakan kosmetik selain harus memperhatikan aspek thoyyibnya suatu produk kosmetik, namun juga harus memperhatikan aspek kehalalannya. Sebagaimana kita tau, sekarang dengan adanya demam Korea, yang ngetrend dengan “glowy skin” alias kulit wajah yang kinclong,  sehingga banyak diantara para muslimah yang tergiur dengan produk – produk kosmetik dari Korea dan China tanpa memperhatikan halal dan thoyibnya. Asal bisa kinclong sekejab langsung di beli and di coba. Oleh karena itu, meneliti inggredients (kandungan/bahan-bahan) sebelum membeli kosmetik, mutlak dilakukan.

Pertama dari sisi thoyyibnya suatu produk kosmetik, dipastikan bahwa tidak terdapat unsur atau bahan-bahan seperti  :

• Rhodamin B
Rhodamin B sebenarnya adalah termasuk dari salah satu keluarga zat warna. Rhodamin B adalah zat warna yang sangat kuat. Ciri visual yang mudah dilihat dari Rhodamin B adalah penampakan warnanya yang sangat mencolok dan cerah.
Rhodamin B seharusnya hanya digunakan untuk konsumsi produksi, missal industri pewarnaan tekstil dan sebagainya. Dan dilarang digunakan pada produk-produk kesehatan dan makanan.
Namun fakta di lapangan zat warna Rhodamin B ini masih banyak digunakan pada produk kosmetik, bahkan pada produk makanan dan minuman. Zat warna Rhodamin B ini jika digunakan pada produk kosmetik akan membahayakan pada kulit pemakainnya. 

• Diethylene glycol
Diethylene glycol termasuk salah satu dalam bahan beracun dan berbahaya, sehingga dapat membahayakan kesehatan manusia. Diethylene glycol ini umumnya digunakan pada produk otomotif, yaitu sebagai produk pendingin Radiator atau Radiator Coolant ( saat ini sudah mulai diganti, karena beracun ).
Namun ternyata senyawa Diethylene glycol juga dijumpai pada beberapa produk kosmetik. Ingat dan lihat saat membeli kosmetik. Hindari bahan berbahaya ini. 

•Triklosan
Secara langsung, triklosan yang digunakan dalam beberapa produk sabun dan pasta gigi bisa memicu gangguan kesehatan saat bereaksi dengan lingkungan aquatik atau berair. Salah satunya adalah gangguan pada keseimbangan hormon tiroid.
Penggunaan triklosan secara berlebihan juga memicu dampak tidak langsung bagi kesehatan, yakni dengan memicu resistensi atau kekebalan kuman terhadap antibiotik. Dampaknya adalah kemunculan kuman-kuman super (superbug) penyebab penyakit yang tidak mempan dibasmi dengan antibiotik.

 • Tretinoin atau Retinoic Acid
Tretinoin atau Retinoic Acid merupakan senyawa bahan kimia yang berbahaya , yang bisa menyebabkan timbulnya rasa terbakar pada kulit

• Merkuri atau air raksa
Merkuri atau Air raksa atau Hg adalah bahan kimia berbahaya yang seharusnya digunakan untuk keperluan industri ( umumnya pada industri tambang emas ). Namun kenyataannya, Merkuri atau air raksa ini masih banyak ditemui digunakan pada produk kosmetik.
Efek dari Merkuri ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit, timbulnya bintik-binitk hitam dan apabila digunaka dalam jangka waktu panjang dan kontinyu bahan kimia ini bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan menyebabkan kanker pada tubuh pemakainya 

• Hidroquinon.
Hidroquinon sebenarnya merupakan bahan kimia yang masih diperbolehkan digunakan selama dibawah pengawasan dokter. Sebab bahan kimia Hidroquinon ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
Sedang efek jangka panjang adalah akan menyebabkan timbulnya kanker sel hati, serta leukemia (kanker darah ). Di Amerika batas penggunaan hydroquinone untuk kosmetik yang dijual bebas adalah 2% (sama dengan Indonesia) dan bisa mencapai 8% untuk penjualan kosmetik dengan resep dokter. Kali ini ditemukan kosmetik-kosmetik buatan Cina di Indonesia yang mengandung hydroquinone lebih dari 2%

• Isopropyl Alcohol
Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur.

• Diethanolamine (DEA)
Diethanolamine adalah racun digunakan dengan DEA cocamide dan DEA lauramide, sebagai pengemulsi dan pembuat busa dalam banyak produk perawatan pribadi seperti sampo, krim cukur, lotion pelembab kulit, dan sabun bayi. Hal ini bersifat carcinogenic dalam alam dan bertindak sebagai penghancur hormon dan vitamin di dalam tubuh.

• Kationik Surfaktan
Kationik Surfaktan adalah bahan kimia yang digunakan dalam Conditioner rambut atau pelunak yang memiliki muatan listrik positif. Ketika digunakan secara teratur, Kationik Surfaktan dapat merusak rambut dan membuat mereka kering dan rapuh. Alih-alih mendapatkan rambut indah, rambut akan menjadi rusak apabila terlalu sering digunakan.

• Talc
Talc merupakan bahan kimia beracun yang digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, deodoran, sabun, dll untuk menyerap kelembaban. Zat bersifat sebagai karsinogen manusia dan juga diketahui menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.

• Asam Retinoat / Tretinoin / Retinoic Acid
Dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin).

• Bahan Pengawet Paraben.
 Paraben digunakan terutama pada kosmetik, deodoran, dan beberapa produk perawatan kulit lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi alergi pada kulit. Penelitian terakhir di Inggris menyebutkan bahwa ada hubungan antara penggunaan paraben dengan peningkatan kejadian kanker payudara pada perempuan. Disebutkan pula terdapat konsentrasi paraben yang sangat tinggi pada 90% kasus kanker payudara yang diteliti.
Dll……masih banyak lagi lho sahabat muslimah..


Kita lanjut aja ya bahas ke aspek halalnya. Jika membahas tentang kehalalan suatu produk, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Diantaranya adalah :

  • 1.       Tidak mengandung unsur binatang yang diharamkan. Baik yang haram secara zatnya atau haram karena proses penyembelihannya yang tidak sesuai dengan syariat.
Kita perlu cermati jika sebuah kosmetik tercantum bahan allantoin (alantoin), asam amino, cholesterol, kolagen, colours/dye, cystine (sistina), elastine, gelatine (gelatin), glycerine (gliserin), hyaluronic acid (asam hialuronat), hydrolysed animal protein, keratin, lanolin, lypids, oleic acid (asam oleat), stearic acid (asam stearat), stearyl alcohol, tallow (lemak hewan), vitamin A.
  • 2.       Tidak mengandung unsur manusia (misal placenta bayi,dll)
  • 3.       Tidak mengandung Alcohol.
Nah, untuk mengetahui jika kosmetik tidak mengandung 2 unsur yang pertama yaitu unsur dari binatang yang diharamkan. Baik yang haram secara zatnya atau haram karena proses penyembelihannya yang tidak sesuai dengan dan unsur zat dari manusia, cara memastikannya cukup mudah yaitu:

  •  Dengan memperhatikan apakah kosmetik tersebut telah bersertifikat halal MUI atau belum. Jika sudah bersertifikat halal maka bisa dipastikan 2 unsur tadi tidak terkandung pada kosmetik tersebut. Bisa di cek di: halalmui.org, muslimconsumergroup.com, atau halaljournal.com.
  • Ada Logo Vegan


Kosmetik yang pabriknya berada di luar wilayah Indonesia, maka otomatis pihak MUI tidak bisa mencantumkan label halalnya. Oleh karena itu, informasi yang bisa kita cari di web adalah apakah produk tersebut termasuk vegan atau biasanya berlogo vegan. Logo vegan menununjukkan bahwa kosmetik tersebut tidak menggunakan zat-zat berbahan makhluk hidup, karena dibuat untuk vegetarian.  Bahkan produk ini tidak mau menggunakan beewax dan madu (produk perlebahan). Jadi sama sekali tidak ada unsur hewaninya. Contohnya : Oriflame, Hada Labo, The Body Shop, Inika, dll
Yang tidak kalah penting untuk perhatikan dalam memilih kosmetik adalah :

  •   Logo Crueelty Free (no animal testing) 

Bahwa tidak ada unsur penyiksaan terhadap hewan. Sobat muslimah tau gak gimana hewan seperti kelinci, kera, tikus, bahkan kucing ditangkap hanya untuk dijadikan percobaan agar manusia terlihat cantik, sementara mereka (binatang-binatang) menderita dan tersiksa. Hiks hiks…. :(
Contoh kosmetik jenis ini : The body Shop, Hada labo, Oriflame, dll




Trus kita masuk bahasan yang ke 3 yaitu tentang alcohol Free. Tentang penggunaan alcohol (ethanol) ini ada perbedaan di kalangan para ulama.

  •   ulama yang membolehkan penggunaannya selama tidak meresap dalam kulit sehingga terbawa aliran darah dan tidak untuk diminum maka sah-sah saja untuk ditambahkan…(seperti pendapat MUI)
  • Ulama yang mengharamkan penggunaanannya sama sekali karena alasan najis, maka menurut pendapatnya haram memanfaatkan alcohol (ethanol) dalam industri apapun kecuali farmasi, karena untuk farmasi hukumnya makruh….(ini pendapat yang saya ambil)
Lebih jelasnya baca di sini ya…

Wah sepertinya ribet banget yah sebagai seorang muslimah yang pingin merawat diri dan terlihat cantik, karena banyak hal yang musti diperhatikan. Apalagi mengingat banyak zat – zat kimia berbahaya yang menimbulkan efek samping jika terus digunakan. Ada solusinya kok….
Kita bisa beralih ke kosmetik yang alami. Misalnya mengganti bedak kita dengan tepung maizena yang tidak mengandung talc atau sebagai perawatan, kita bisa menggunakan tomat, jeruk nipis sebagai masker anti jerawat. Sebab belakangan ini memang marak adanya pembuatan kosmetik alami yang tanpa bahan pengawet. Salah satunya kosmetik organik racikan Green Mommy. Lebih jelasnya klik di green mommy
Karena organik harga dari kosmetik buatan green Mommy ini memang sedikit lebih mahal dari kosmetik yang ada di pasaran sih…

Atau sobat muslimah pingin meracik sendiri, bisa juga kok. Nih di bawah ini saya berikan resepnya  :
  • Cream  Anti Aging Organik

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

 2 sdt. minyak kemiri organik
 1 sdt. minyak almond organik
 8 tetes minyak esensial jeruk manis organik
 1 mangkuk kecil atau wadah

Cara membuatnya:

1. Campur minyak almond organik, yang membantu menjaga kelembaban kulit, dengan minyak kemiri.
2. Tambahkan 8 tetes minyak esensial jeruk manis organik, yang membantu untuk memperbaharui kulit karena energi matahari yang merusak kulit, ke dalam campuran.
3. Campur tiga bahan dalam mangkuk kecil atau wadah sampai tercampur dengan baik dan rata.
4. Gosokkan secara lembut pada kulit dan lakukan setiap pagi setelah membersihkan wajah untuk mencapai efek anti-aging maksimum.

  •   Foundation
Bahan :
1-2 sendok makan tepung umbi garut
1-2 sendok makan cocoa powder (tanpa pemanis)

Cara membuat :
Campurkan kedua bahan diatas (masing-masing 1 sendok makan), lalu oleskan pada pergelangan tangan dengan menggunakan kuas untuk melihat apakah warnanya sudah cocok dengan warna kulit wajah Anda. Jika terlalu gelap tambahkan tepung umbi garut dan jika ingin lebih gelap tambahkan cocoa powder.

  •   Sun Block Alami

1.       Minyak kelapa
Selain dapat menjaga kelembaban kulit, minyak kelapa juga memiliki fungsi sebagai SPF alami, pelindung alami dari sinar matahari.

2.       Shea Butter
Sama seperti minyak kelapa, pelindung alami bagi kulit. SPF shea butter ini berkisar antara 4-6.

3.       Jojoba Oil dan Minyak biji bunga matahari
Kedua minyak ini mudah diserap oleh kulit dan mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

4.       Minyak esensial Eucalyptus dan Lavender
Walaupun memiliki SPF rendah tetapi Eucalyptus juga dapat bermanfaat untuk melindungi kulit. Minyak esensial Lavender dapat menyejukkan dan memperbaiki kulit.

5.       Minyak biji buah frambos (Rapsberry Seed Oil)
Minyak biji buah frambos ini harganya sangat mahal. Tetapi merupakan pelindung alami kulit dari sinar matahari yang sangat baik. SPF 25-50

6.       Minyak biji wortel
perawatan natural kulit alami tabir surya sinar uv sabun natural. Seperti yang kita ketahui wortel tidak memiliki biji. Biji yang dimaksud di sini berasal dari bunga tanaman wortel. Minyak biji wortel ini harganya cukup mahal, tetapi sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari. SPF dari minyak ini berkisar antara 30-40.

7.       Non Nano Zinc Oxide
Bubuk berwarna putih ini sangat efektif sebagai sun block, berada di lapisan kulit paling luar melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Pastikan untuk memakai NON NANO zinc oxide, karena partikel yang masuk kategori non nano adalah partikel yang memiliki butiran lebih besar dari 100nm (nanonemter). Semakin besar ukuran partikel zinc oxide akan semakin baik, karena partikel yang masuk dalam kategori nano butirannya terlalu halus sehingga dapat masuk kedalam tubuh melalui kulit dan membahayakan kesehatan tubuh. SPF zinc oxide ini berkisar antara 2-20. Jika ingin membuat sunblock dengan SPF yang tinggi tambahkan komposisi zinc oxide hingga maksimal 20% dari berat total sunblock.

  •   Deodorant Alami
·         Resep 1
Bahan :
Baking soda
Tepung umbi garut atau tepung maizena
Minyak kelapa murni atau VCO
Minyak esensial yang disukai (tambahan)

Cara Membuat :
Komposisi jumlah baking soda dan tepung umbi garut (tepung maizena) yang dipakai dalam resep ini sama, misalnya 50gr baking soda berbanding dengan 50 gr tepung umbi garut. Tambahkan sedikit-sedikit minyak kelapa pada kedua campuran bubuk ini hingga sampai pada kekentalan yang Anda inginkan, lalu tambahkan minyak esensial yang kamu suka dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Simpan dalam botol beling kedap udara.

·         Resep 2 (dari ukhti Juwita)
Bahan :
Kemangi secukupnya
Kayu Manis secukupnya
Jeruk nipis

Cara membuat :
Rebus 2 bahan tadi dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas air.
Tambahkan perasan jeruk nipis. Tuang dalam botol Spray. Simpan dalam kulkas tahan 14 hari.


  • Cream Pemutih Wajah
·         Resep 1
Ambil  3-4 sendok bubuk almond
Campur 2 sendok makan jus lemon, 1 sendok teh madu, 11/2 cangkir yogurt dan sedikit bubuk kunyit dengan almond.
Aduk sampai rata secara menyeluruh.
Oleskan krim ini setiap malam sebelum tidur, jangan pada siang hari.
Gunakan cream pemutih kulit ini setiap hari selama 2 sampai 4 minggu

·         Resep 2
Gerus daun mint menjadi pasta halus dan menerapkannya pada wajah Anda. Ketika pasta telah kering, cucilah dengan air. Ini akan menghapus semua sel-sel kulit mati dan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah. Ulangi proses ini setidaknya dua kali sehari untuk hasil terbaik.
·         Resep  3
Putih telur juga dapat digunakan sebagai cream pemutih wajah buatan sendiri dan sangat efektif. Oleskan putih telur pada wajah Anda. Jika diperlukan, tambahkan beberapa tetes jus lemon dan jus zaitun. Setelah menerapkan campuran biarkan selama 10 menit dan cuci dengan baik.

Note:

Sebagian besar minyak dan bahan-bahan organik dapat dibeli di toko makanan kesehatan, beberapa supermarket, atau online.

Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk mendapatkan kualitas produk akhir tertinggi dan hasil terbaik.

Gunakan produk pada area kecil dari kulit pada awalnya karena beberapa orang mungkin memiliki kepekaan untuk bahan.

Jangan gunakan produk ini pada wajah jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan.

  •   Masker anti jerawat alami
·         Masker Pisang
Pisang juga mengandung kalium dan vitamin A. Buah ini juga bagian penting untuk mengobati jerawat karena, seperti yang disebutkan sebelumnya kandungan vitamin A pada buah pisang ini mengatur produksi sebum. Timbulnya Jerawat dapat membuat kulit memproduksi sebum terlalu banyak sehingga menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat.

Pisang tidak hanya sarat dengan anti-oksidan vitamin yang membantu kulit dari luar maupun di dalam, buah pisang ini juga mengandung sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang membantu melawan timbulnya jerawat.

Manfaatkan buah penghilang jerawat ini dengan cara membuatnya sebagai masker wajah. Cara nya lumatkan daging pisang kemudian  terapkan langsung ke wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air.

·          Masker Buah Pepaya

Amanda Watson, penulis “Natural Beauty” mengatakan bahwa buah pepaya mengandung  enzim papain, yang membantu dalam penyembuhan jerawat. Fungsi enzim papain dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.
Untuk membuat masker wajah dengan buah pepaya ini caranya cukup mudah. Yaitu, potong buah pepaya lalu blender kemudian balurkan hasil blender dari buah pepaya tadi kebagian wajah dan biarkan kira kira selama 20 menit. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air hangat.

Sebenarnya banyak sekali informasi yang membahas tentang masker buah penghilang jerawat. Tidak hanya buah apel, pisang maupun pepaya yang dibahas diatas. Seperti contoh lain buah penghilang jerawat yang lain adalah buah ceri dan jeruk. untuk itu disarankan mencari kembali sumber-sumber informasi yang lain tentang masker buah penghilang jerawat ini.

·         Masker Semangka Lemon
Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat masker semangka adalah secangkir semangka yang telah dihilangkan kulitnya dan dipotong-potong, setengah buah jeruk, dan satu cangkir air. Cara mengolah bahan-bahan tersebut adalah, blender semua bahan kemudian saring bahan-bahan yang telah halus. Oleskan langsung “jus” tersebut pada wajah dan leher yang telah dibersihkan sambil dipijat dengan lembut lalu diamkan selama 10 atau 15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat. Masker semangka tersebut sangat berguna untuk menghilangkan jerawat dan kulit wajah yang kusam.

·         Masker Madu
Madu adalah bahan masker alami untuk segala jenis kulit. Gunakan madu alami untuk mengatasi jerawat. Setelah dioleskan pada wajah, diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air. Jika madu membuat wajah menjadi kering, oleskan pelembap setelah memakai masker tersebut.

·         Masker Oatmeal, yogurt, lemon
Campur satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan yogurt serta beberapa tetes air lemon kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan tiga kali seminggu untuk mengontrol munculnya jerawat di wajah.

·         Masker Mentimun
Mentimun bukan cuma bergizi, tetapi juga punya manfaat cantik. Olah dulu mentimun menjadi jus kemudian oleskan pada wajah. Tunggu sampai kering sebelum dibilas hingga bersih.

·         Masker Tomat
Tomat juga banyak dipakai banyak wanita untuk merawat kecantikan kulitnya. Dengan tomat, Anda bisa menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya yaitu ambil sari dari buah tomat, lalu aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air biasa.

·         Masker Wortel
Selain itu, wortel juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, rebus dahulu wortel, lalu parut atau hancurkan. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 25-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

·         Kentang
Bahan alami terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi bekas jerawat adalah kentang. Ketahuilah kentang merupakan anti noda yang terbaik dari bahan alami.
Itulah 7 makser alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Perlu kamu ingat bahwa ketujuh bahan tersebut tidak memberikan efek yang instan. kamu perlu melakukannya secara rutin agat hasilnya cepat terlihat.

Dan masih banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa sobat muslimah pakai tanpa harus ragu pada aspek kehalalan dan kethoyyibannya…tapi perlu di ingat yah bahwa kita tidak bebas untuk bercantik ria di depan publik yah…ada hal-hal yang wajib kita perhatikan dalam urusan bermake up ini. Jangan sampai terlihat tabaruj…


Tabaruj

Apa itu tabaruj ?
Di dalam kitab Zaad al-Masiir dinyatakan, “Tabarruj, menurut Abu ‘Ubaidah, adalah seorang wanita menampakkan kecantikannya.  
Sedangkan menurut al-Zujaj; tabarruj adalah menampakkan perhiasaan, dan semua hal yang bisa merangsang syahwat laki-laki…

Sedangkan sifat-sifat tabarruj di jaman jahiliyyah ada enam pendapat; pertama; seorang wanita yang keluar dari rumah dan berjalan diantara laki-laki.  Pendapat semacam ini dipegang oleh Mujahid.  Kedua, wanita yang berjalan berlenggak-lenggok dan penuh gaya dan genit.  Ini adalah pendapat Qatadah. Ketiga, wanita yang memakai wewangian.  Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Abi Najih. Keempat, wanita yang mengenakan pakaian yang terbuat dari batu permata, kemudian ia memakainya, dan berjalan di tengah jalan.  Ini adalah pendapat al-Kalabiy.  Kelima, wanita yang mengenakan kerudung namun tidak menutupnya, hingga anting-anting dan kalungnya terlihat…..”

Larangan tabarruj ditetapkan Allah swt di dalam surat al-Nuur ayat 60.
 Allah swt berfirman:

وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاءِ اللَّاتِي لَا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ

Perempuan-perempuan tua yang telah berhenti haidl dan kehamilan yang tidak ingin menikah lagi, tidaklah dosa atas mereka menanggalkan pakaian mereka tanpa bermaksud menampakkan perhiasannya (tabarruj).”[TQS Al Nuur (24):60]

Jadi bisa disimpulkan, bahwa tabaruj adalah bersolek yang berlebihan untuk memperlihatkan kecantikan dirinya dalam kehidupan umum (di depan khalayak/public), namun jika dalam kehidupan khusus seperti di rumah sendiri, terlebih jika bersolek untuk suami maka justru akan berpahala….


Jadi sekali lagi sobat muslimah, kita  memang harus berhati-hati dan teliti sebelum membeli kosmetik di pasaran. Jangan tergoda dengan iklan begitu saja, namun juga harus memperhatikan segi halal dan thoyyibnya. Sebab faktanya, di dalam sistem kapitalis sekuler seperti sekarang ini banyak para produsen kosmetik yang tidak paham terhadap terpenuhinya ketiga aspek di atas. Sehingga di sinilah  seharusnya perlu peran negara untuk bisa melindungi warga negaranya yang mayoritas muslim agar terhindar dari hal-hal yang merusak dan diharamkan dalam syariat. Karena pengetahuan kaum muslimin terhadap aspek halal thoyyib ini sangatlah minim di tengah-tengah masyarakat, baik ketika ia bertindak sebagai konsumen ataupun produsen. Padahal, produk-produk yang tidak memenuhi syarat halal thoyyib tersebut masih banyak beredar di pasaran.

Belum lagi dalam proses pembuatan produknya yang banyak mengorbankan binatang sebagai percobaan. Mereka para produsen kosmetik kerap menyiksa hewan-hewan untuk bahan penelitian produknya. Seperti dalam video ini https://www.youtube.com/watch?v=qSwR70Xtaug..


Gak tega liatnya…hiks hiks

Memang sih kita bisa beralih membuat kosmetik sendiri secara alami, namun banyak hal yang juga perlu menjadi bahan pertimbangan, karena sekarang buah-buahan pun karena sulit mendapatkan yang organik, akhirnya banyak yang justru terpapar dengan peptisida dan zat berbahaya lainnya… susah juga ya. Jika kita ingin solusi total ya negara lah yang harus turun tangan dalam menangani serta mengawasi produksinya dengan berbagai macam perangkat sistemnya.

Sebagaimana dahulu ketika masyarakat hidup dalam naungan sistem Khilafah, dikenal yang namanya Qodhi Hisbah. Mereka jumlahnya banyak, tugasnya adalah berkeliling di pasar-pasar untuk memastikan bahwa produk-produk yang dipasarkan dan dikonsumsi mesyarakat adalah hanya produk yang halalan thoyyiban. Qodhi ini ketika berpatroli didampingi dengan aparat keamanan yang akan memberikan sanksi di tempat terhadap bebagai pelanggaran hukum seperti kecurangan dalam timbangan, penipuan dalam kualitas produk, dll.
Abu Hurairah ra., ia menuturkan:

أَنَّ رَسُولَ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- مَرَّ عَلَى صُبْرَةِ طَعَامٍ فَأَدْخَلَ يَدَهُ فِيهَا فَنَالَتْ أَصَابِعُهُ بَلَلاً فَقَالَ: مَا هَذَا يَا صَاحِبَ الطَّعَامِ. قَالَ أَصَابَتْهُ السَّمَاءُ يَا رَسُولَ اللهِ. قَالَ: أَفَلاَ جَعَلْتَهُ فَوْقَ الطَّعَامِ كَىْ يَرَاهُ النَّاسُ مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّى

Rasulullah saw melewati seonggok makanan, lalu beliau memasukkan tangan beliau ke dalam onggokan makanan itu dan jari-jari beliau sampai pada bagian yang basah, maka beliau bersabda, “Apa ini, wahai pemilik makanan?”  Pemilik makanan itu berkata, “Terkena hujan, ya Rasulullah.”  Beliau bersabda, “Mengapa tidak engkau letakkan di atas makanan supaya orang melihatnya. Siapa yang menipu maka ia bukan bagian dari golongan kami.” (HR Muslim).

Jadi, Rasul sendiri langsung melaksanakan tugas hisbah itu.  Beliau memeriksa pasar dan meluruskan pedagang yang melakukan kekeliruan dan menghalangi/melarang penipuan.

Terhadap penyiksaan hewan pada hal-hal yang tidak perlu, Islam juga mengecamnya.  Karena banyak kosmetik yang bisa diproduksi tanpa harus melakukan tes terhadap hewan.  Dalam kitab I'anatut Thalibin juz 1 halaman 33 disebutkan :

Adapun ucapan mushonnif "pada waktu menyobek anggota badan dari binatang" ... sampai pada ucapan mushonnif: "haram menyobek tersebut atau membunuh dengan maksud menyiksa". Diperselisihkan mengenai apa yang diragukan mengenai mengalirkan darahnya dan ketiadaan mengalirkan darahnya, apakah boleh menyobek anggota badan dari binatang atau tidak?
Imam ar Romli membolehkan karena mengikuti Imam al Ghozali karena penyobekan itu sesuatu hajat (Dalam penelitian penyakit). Ibn Hajar tidak membolehkan karena mengikuti Imam al Haramain, karena dalam penyobekan itu terdapat penyiksaan…
 


Berbagai gerakan animal cruelty free telah digalakkan, namun hal ini tetap saja ada dan menjadi pro kontra di banyak negara, karena tidak ada sanksi hukum yang tegas bagi perusahaan kosmetik yang melakukannya. Oleh karena itu, perlu kita kembalikan segala aturan kepada sang pemilik semesta alam. Biarkan syari’at yang mengaturnya.


Hmmm..rasanya keamanan dan ketenangan manusia dan makhluk hidup yang lain dalam hal ini binatang hanya dapat terjaga apabila ada negara yang berdiri berdasarkan syari’at Islam yang menaungi seluruh alam dan menebarkan RahmatNya di penjuru bumi Allah ini. Saatnya kita perjuangkan sistem kehidupan Islam seperti yang telah Rasul SAW contohkan yaitu Khilafah ‘ala minhajin Nubuwwah..sangat rindu Khilafah :(
Wallahu a’lam Bishshowab…

Disarikan dari berbagai sumber

3 komentar:

  1. Mau nanya ukhti sendiri kosmeticnya pake apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai wardah untuk bedak, dan nuface bbcream. kebetulan pabrik nuface ada di kota saya semarang, dan ibu saya juga pernah berkunjung langsung ke pabriknya buat nanya2 mutu dan kehalalan produknya. Kalo untuk perawatan saya pakai yang alami dari dapur Ukh :)

      Hapus
  2. The Body Shop cruelty free, Hadalabo Tokyo dan Oriflame Not cruelty free :( Sayang bgt Oriflame smnjk masuk ke Cina mereka tes ke hewan :(
    Oiy utk yang vegan,belum tentu mereka 100% cruelty free.kalau masih ragu lebih baik email produsennya atau bisa lihat listnya di Paula's Choice atau PETA

    BalasHapus